Tips Diet Untuk Pemula yang Sehat dan Aman

Tips Diet Untuk Pemula yang Sehat dan Aman

banhorapido.com – Memiliki tubuh ideal merupakan impian semua orang terutama perempuan. Selain karena alasan kecantikan, memiliki tubuh ideal juga dapat mempengaruhi kesehatan. Alih-alih meminum obat untuk menurunkan berat badan lebih baik melakukan diet sehat meskipun membutuhkan waktu lama. 

Untuk itu, yuk simak ulasan tentang tips diet pemula yang sehat sekaligus aman bagi kesehatan. Perlu menjadi catatan bahwa diet yang baik adalah melakukannya secara rutin. 

Cara diet alami

1. Tambah asupan protein 

Saat Anda mengonsumsi protein, akan ada pembakaran kalori di dalam tubuh. Selain itu, protein bisa membuat kenyang lebih lama tanpa mengganggu nafsu makan. Produk dengan kandungan protein tinggi bisa ditemukan di telur, dada ayam, dan lain sebagainya. 

2. Hindari makanan cepat saji.

Makanan cepat saji mengandung banyak kalori, lemak jenuh serta gula. Kandungan ini dapat menambah bobot badan. Makanan ini juga memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Sehingga lebih baik untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran. 

3. Banyak minum air putih. 

Konsumsi air putih akan meningkatkan metabolisme tubuh serta membuat Anda merasa kenyang. Air putih juga tidak berkalori sehingga dapat memotong kalori tubuh. 

4. Mengonsumsi makanan rendah lemak. 

Mengonsumsi makanan low fat akan membantu Anda mengurangi berat badan secara alami. Konsumsilah susu low fat, mayonnaise, yogurt, daging rendah lemak, atau lainnya. 

5. Konsumsi banyak sayuran serta buah-buahan. 

Sayuran serta buah-buahan merupakan cara efektif untuk mendapatkan diet alami. Terdapat banyak kandungan vitamin, serat, serta mineral yang dibutuhkan. Sementara itu, kandungan kalorinya rendah. Beberapa buah yang dikonsumsi adalah jeruk, kiwi, pisang, melon, serta alpukat. 

6. Minum teh hijau.

Teh hijau bisa memicu pembakaran pada lemak yang dapat menurunkan berat. Konsumsilah tanpa menggunakan gula. 

7. Kurangi karbohidrat. 

Karbohidrat memiliki banyak kandungan gula. Gula pada tubuh akan disimpan menjadi lemak dan bisa meningkatkan bobot badan. Tidak perlu menghindari karbohidrat, tapi Anda bisa menggantinya dengan makanan rendah karbohidrat seperti beras merah dan roti gandum. 

8. Tidur cukup.

Meskipun sedang melakukan diet, Anda harus tetap tidur dengan cukup. Setidaknya tidur 8 jam sehari, karena tidur yang tidak cukup dapat membuat nafsu makan semakin meningkat. 

9. Konsumsi probiotik. 

Probiotik memiliki dampak baik untuk kesehatan, mengurangi penumpukan lemak, anti inflamasi, dan menurunkan berat badan. Bakteri probiotik dapat ditemukan pada tempe, yoghurt, serta kimchi. 

10. Rutin berolahraga.

Olahraga dapat membakar lemak di dalam tubuh, misalnya jogging, aerobik, dan renang. Lakukanlah secara rutin minimal 3x dalam seminggu. Olahraga bisa dilakukan di pagi atau sore hari. 

11. Sarapan

Sarapan dapat mempengaruhi porsi makan siang, Anda cukup menggantinya dengan makanan sehat dan sedikit lemak seperti buah-buahan, roti gandum, serta susu low fat. 

Baca Juga : Cara Mengganti Nama Channel Youtube di Beberapa Perangkat

Itulah tips diet pemula yang bisa dilakukan untuk mengurangi berat badan. Lakukan secara rutin dan bertahap agar tubuh bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru.